Daily Archives: August 7, 2012

Selamat Tinggal, MP..

Yak, sejujurnya.. Gue sendiri emang jarang banget ngunjungin MP lagi, boro2 posting, login aja engga..

Alasan utamanya sih, karena kesibukan. Lagipula, gue merasa lebih suka yang instan ketimbang harus menulis panjang di blog. Lagipula Mobile Application untuk social media lain lebih menjanjikan dibanding Multiply yang udah ketinggalan jaman.

Eniwei, bukan kemarin aja gue dapet informasi bahwa MP bakalan menutup blog nya. Tapi emang baru kemarin dapat pernyataan resmi dari Stefan yang isinya bisa dibaca di sini.

Ditambah tulisan Agung berjudul The Final Curtain yang diposting 6 jam yang lalu.
Buat dedengkot MPers jaman dulu yang mungkin senasib sama gue untuk jarang buka MP (atau malah udah dihapus ID MP nya?) monggo baca..

Dari sejak MP bikin kantor di Indonesia dan pengambil alihan akun indonesia.multiply.com punya Donny Verdian sih gue udah mulai gak nyaman soal ini. Artinya mereka bisa seenaknya ngambil alih akun demi kepentingan mereka. Ya tapi mau gimana, namanya juga numpang di rumah orang. Tapi dari sini gue udah kurang simpatik sama kantor MP di Indonesia. Makanya gue males ngunjungin booth Multiply di event Bisnis Lokal Go Online beberapa waktu yang lalu.

Gue jadi inget beberapa tahun yang lalu, waktu Multiply kekurangan duit buat nyimpen seabrek2 Foto kopdar MPers yang rata2 gue publish dalam ukuran High Resolution. Akhirnya gue bantu nyumbang dengan bayar. 3 tahun gue bayar, bahkan setelah mbot sendiri malas bayar karena gak butuh penyimpanan foto dalam ukuran sebenarnya.

Saat ini gue emang lebih banyak pakai MP untuk nulis Review. Album Foto jarang gue urusin, Blog juga. Soalnya sulit mengupload ke MP dibanding social media lain. Dulu sih emang MP paling oke, dengan kemampuan Java applet nya. Tapi sekarang? Era dimana orang2 langsung publish foto melalui gadgetsnya.. Masa harus buka laptop atau PC buat upload foto? Kemana mobile applicationnya?

Ketidaknyamanan ini ditambah dengan bergesernya trend Multiply dari Social Media ke Lapak Jualan. Gue bukan antipati dengan Online Seller, tapi masalahnya dulu Multiply justru melarang kita jualan! Ini aneh, mereka berbalik 180 derajat..

Gue ngempi sejak 2005 sampai hari ini. 7 tahun emang bukan waktu yang singkat. Walau mungkin kontribusi gue disini sangat kurang 3 tahun terakhir, sejak akun MP gue pernah ditakeover orang dan dia ngapus semua entrynya. Beruntung gue bisa pegang akun ini lagi dan direstore semua datanya, walau akhirnya hilang kontaknya.

Eniwei, gue sendiri belum menentukan mau pindah ke blog mana. Karena sebenernya dari dulu gue punya alternatif blog tapi sama2 ga keurus.. Palingan micro blogging plurk dan twitter yang masih aktif. Sayangnya emang beda interaksi dengan Multiply yang sudah lebih lama ada.

Well, sebagai pegawai negeri yang dibayar dari pajak kalian.. Gue gak bakalan ngabisin waktu lama untuk nulis pada jam kerja seperti sekarang..

Cuma mau menulis uneg2 sedikit, beberapa menit yang gue habiskan demi mengucapkan selamat tinggal kepada blog yang telah mengisi hari-hari gue selama 7 tahun terakhir. 7 tahun yang telah memberi gue banyak ilmu, pengalaman dan pastinya teman2 yang sangat baik disini. Yang sudah seperti keluarga sendiri. Walau kadang suka ribut gak jelas, satu hal yang pasti.. Mereka adalah part of my family.. Makanya di Multiply dulu gue sering masukin kontak yang deket dalam kategori keluarga, karena ada postingan gue yang seringkali ga pantes dipublikasikan untuk orang yang tidak mengenal gue secara dekat.

Selamat berpisah buat Multiply.com, tapi bukan MPers nya. Masih banyak media lain untuk bisa menyambung silaturahim.

Terima kasih udah boleh numpang di sini selama 7 tahun.

20 Comments

Filed under Uncategorized